Rekomendasi Editor

Dalam Sepekan Harbolnas 2024 Catat Nilai Transaksi Hingga Rp31,2 Triliun, Didominasi Produk Lokal

CAPITALNEWS.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melaporkan adanya pertumbuhan signifikan kontribusi produk lokal pada program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024.

Program yang berlangsung pada 10-16 Desember 2024 itu mencatatkan total transaksi mencapai Rp 31,2 triliun, didominasi oleh penjualan produk lokal dengan rata-rata berlanja per orang mencapai Rp318.000.

“Dalam upaya menciptakan pasar yang kuat bagi produk dalam negeri, pemerintah terus mendorong promosi dan kampanye agar masyarakat lebih memilih produk lokal. Ketika pasar untuk produk lokal sudah terbentuk, maka suplai akan mengikuti secara otomatis. Langkah ini juga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada produk impor,” ujar Airlangga di Jakarta, dikutip, Senin (30/12/2024).

Airlangga memaparkan, capaian total transaksi Harbolnas 2024 mengalami peningkatan sekitar 21,4 persen (yoy) dibandingkan total transaksi pada tahun 2023 yang mencetak angka Rp25,7 triliun.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan bahwa pada Harbolnas kali ini juga produk-produk lokal juga mampu mendominasi keseluruhan penjualan dengan porsi sebanyak 52 persen dan nilai transaksi sebesar Rp16,1 triliun atau mengalami peningkatan sekitar 31 persen (yoy).

Pakaian olah raga dan aksesori fesyen, personal care, serta makanan dan minuman menjadi tiga kategori produk yang mendominasi penjualan baik secara keseluruhan maupun untuk produk lokal dengan tagline #PakaiProdukSendiri.

Pertumbuhan yang signifikan pada kontribusi produk lokal menjadi indikator positif terhadap potensi masa depan Harbolnas. Hal ini juga mencerminkan peningkatan kesadaran konsumen untuk terus mendukung produk dalam negeri melalui platform niaga-el (e-commerce).

Airlangga berharap Program Harbolnas dapat terus menunjukkan peran dalam mendorong daya beli masyarakat sekaligus mendukung produk-produk lokal agar mampu bersaing di pasar domestik dan internasional.

Selain Harbolnas 2024, pemerintah juga memberikan dukungan bagi program belanja murah lainnya seperti program Belanja di Indonesia Aja dan EPiC Sale (Every Purchase is Cheap).

“Kami optimis dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, target pertumbuhan ekonomi melalui sektor konsumsi dapat tercapai. Harbolnas menjadi bukti nyata bahwa aktivitas belanja masyarakat turut menjadi pengungkit dalam upaya mencapai target pertumbuhan ekonomi,” tandas Airlangga.

(Red-01/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button